Sebagai Ujian akhir dari mata kuliah Kewirausahaan2 Mahasiswa diminta untuk belanjar dan menimba langsung dari entrepreneur disekitarnya (teman atau relasi) dan bertanya tentang usahannya. Pada tulisan ini para pengusaha dalam bidang  antara lain : Anyaman rambut Papua jamika style, perawatan kulit wajah “Griya Marta”, Melon Stiker, Kripik Tempe Maguwoharjo. Mbak Sulistina seorang pemilik Toko dan Programmer, Mas Edward seorang mahasiswa dan Seller Outdoor Activity Fashion, Mas Daniel Wunu 28 Tahun pemilik JJ Impact Futsal di NTT, Pak Jangkung pemilik Usaha Roti Bakar di Pedan.

Kami dari Mercu Buana Yogya dan Saya pribadi selaku pengampu Mata Kuliah ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Yang terhormat para Narasumber yang sudah membantu Mahasiswa kami untuk belajar. Semoga waktu dan informasi yang bapak/ibu sampaikan bisa bermanfaat. Terima kasih.

Berikut ini adalah Rekap 10 (21-30) Pengumpulan tugas UAS Kewirausahaan 2 2014 :

  1. Ferry Marten Bersaudara (VIVI FONATABA) Anyaman Rambut Papua Jamaika Style. Bukan hanya usaha menghanyam rambut tapi juga menerima gimbala rambut. Banyak sekali orang atau anak muda yang sering mengubah tren gaya rambut dengan berbagai anyaman rambut . Dengan menggunakan rambut asli maupun rambut sambung. Bahwa usaha itu kita harus  brani menghambil resiko  mau untun atau rugi jika ingin sukses.
  2. Andityas Jati Wibowo : Akbar Hilmi Kurniawan, pendiri estetic centre “Griya Marta”. Usaha ini berlokasi di srihardono, pundong, kabupaten Bantul. memiliki konsep awal bisnis berupa tempat perawatan kulit wajah. dalam perjalanannya, usaha yang awalnya bertujuan memanfaatkan lahan kosong ini mulai merambah hair do dan make up untuk pre wedding.
  3. Suryanto : Profil Mas Ikhsan Reseler Melon Stiker. Mas Ikhsan mungkin orang orang counter lebih mengenalnya dengan nama mas melon karena dia adalah salah satu pengusaha stiker dengan brand “melon stiker” nama melon sendiri  menurut mas ikhsan berasal dari kata melu- melu yang berarti ikut-ikutan. Dengan jangkauan pemasaran meliputi sekitar jogja, magelang, klaten dan boyolali.
  4. Anjelica Booant :  Profil Pak Hidayat Pengusaha Keripik Tempe, di Maguwoharjo. Tempe diiris tipis dicelupkan keadonan tepung terigu encer lalu digoreng dengan minyak kelapa hingga kering. Hasilnya,adalah keripik renyah yang gurih dan lezat. Beliau ini mulai menekuni usahanya sejak tahun 2000 dengan modal Rp 1 juta. Meski modalnya tak bisa dikatakan besar, Hidayat mampu mengembangkan bisnisnya dengan baik.Kini, dibantu 10 orang karyawannya. Beliau bisa memproduksi 100 kuintal keripik tempe perhari.
  5. Iant Dwi Antoni : Andry Yulianto, Pemilik “Bendrat Reptil”. Andry Yulianto, atau biasa dipanggil Bendrat oleh teman-temanya adalah pemilik beberapa kios yang menjual hewan peliharaan yang masuk dalam katagori Reptil  di pasar “Pasty” Yogyakarta. Area kios sebelah barat Pasar Pasty (pasar satwa dan tanaman hias), JL. Bantul KM 1,No.141, Dongkelan, Yogyakarta
  6. Triastuti Prihatin : Profil Enterpreneur Sulistina Pemilik Toko Perabot Rumah Tangga “Toko 18”. Lulusan D3 yang pernah bekerja sebagai Programer, Admin dan Marketing di Asuransi. Usaha yang dijalani bidang barang yaitu penjualan barang perabot rumah tangga yang dijual secara ecer, karena sesuai dengan target pasarnya adalah masyarakat kelas menengah kebawah. Toko tersebut berada di Jln. Kutu Dukuh Sinduadi No 60, Mlati Sleman Yogyakarta, tepatnya di selatan pasar, depan selokan. Disela usahanya Sulistina masih sempat terima orderan untuk pembuatan aplikasi dekstop.
  7. Jesuina Da Costa M : Profil Edward Candra Tarigan, A.md dengan usaha Seller Outdoor Activity Fashion. Seorang Mahasiswa Teknik Informatika Mercu Buana Yogyakarta dan pengusaha muda Edward Candra Tarigan, A.md yaitu dengan usaha penjualan pakaian dan perlengkapan kegiatan luar lapangan, Motto beliau adalah “Just Be Yourself and Give Your Best”. Usahanya di Jalan Babarsari TB V/5E, Sleman 55281, Yogyakarta dengan web https://www.facebook.com/TheExplorerShop dan berdiri sejak Mei 2014. WA/SMS : 0852 752 757 16.
  8. Losi Diana Wunu: JJ Impact Futsal. Daniel Wunu adalah owner dari JJ Impact Futsal yang berada di Sumba Timur-NTT. Didirikan pada tanggal 11 November 2012. Mas Dani adalah tipe seorang pemuda pekerja keras diusianya yang 28 tahun beliau bercita-cita untuk merubah hidup keluarganya agar tidak selamanya hidup pas-pasan, inilah yang menjadi dorongan kuat. Berawal dari modal tekad yang kuat. Mulai mencari di internet beberapa kontraktor lapangan futsal, mencoba untuk melakukan negosiasi harga padahal sebenarnya tidak memiliki uang. Saat itu ketika mulai mengkalkulasi biaya membuat lapangan futsal adalah minimal 400juta beliau sangat terkejut karena  uang yang beliau punya saat itu hanyalah 2 juta. Tapi lagi lagi dengan modal nekat, tekad, doa dan kesungguhan hati beliau terus berusaha berpikir keras bagaimana caranya agar bisa mendapatkan modal sebesar itu. Cukup dengan 11 bulan hutang ( untuk modal) Rp 400juta  sudah bisa terbayar lunas. Belum ada 2 tahun usaha futsal ini, sekarang Mas Dani sudah bisa membuat 2 lapangan futsal. Diluar usaha futsal ini Mas Dani juga mempunya beberapa usaha lainnya seperti: cafe dan rental.
  9. Sena Bagus R : Profil Pak Jangkung Usaha Roti Bakar. Jl. Raya Pedan-Cawas (depan Ayu Swalayan Pedan). Awal Usaha pak jangkung dimulai tahun 2004 dengan modal 1,5 juta. Pak jangkung memilih tempat jualannya di depan sebuah swalayan. Menurutnya tempat itu strategis,karena sehabis orang-orang belanja bisa langsung membeli oleh-oleh roti bakar untuk keluarga dirumah. Ada banyak pilihan rasa pada roti bakar yang dijual pak jangkung sehingga pembeli bisa memilih beberapa rasa kesukaannya. Tentunya dalam bisnis kadang untung dan yang diharapkan untung. Katanya itu biasa dalam bisnis.Yang penting usaha dan selalu bersyukur pada sang pemberi rejeki. Sisi positif yang bisa saya ambil adalah beliau tidak malu dan tidak pantang menyerah untuk membangun bisnis ini dari nol.
  10. Sulistyo : Profil  Sri Setyowati (Pengusaha Properti Cabang Yogyakarta) Di PT Sun Bangun Sentosa. Cabang dari PT. Sun bangun sentosa di Jakarta kepalai oleh Ibu Sri Setyowati di Sidokarto, Godean, Sleman. Didirikan pada 22 Januari 2005 dengan Proyek awal yaitu Perumahan Alam Asri Godean. Proyek yang lain : Perumahan alam Asri Jogjakarta, Perumahan Jetis Prenggan, Perumahan Jetak II, dll. Usaha ini bergerak di bidang properti bergerak di bidang barang dan jasa, keterkaitanya dengan menjual Rumah  dan tanah serta Melakukan Renovasi. Cara penjualan selain melalui internet beliau mempunyai jaringan perantara yang luas. Info http://rumahmurahjogjakarta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *