Pariwisata 4.0 Tidak bisa dihindari. Pariwisata 4.0 adalah Definisi Pariwisata 4.0 atau tourism 4.0 adalah nama untuk tren wisata saat ini dari pemrosesan data besar (big data) yang dikumpulkan dari sejumlah besar wisatawan, untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang dipersonalisasi. Portal-poral duniapun sudah lama menghimpun data penggunnya terkait tempat dan wisata.

Ini didasarkan pada berbagai teknologi komputer modern berteknologi tinggi. Istilah ini berasal dari paradigma baru dalam industri, yang dikenal sebagai Industri 4.0

Seperti Google Gmaps (ada tempat /place lengkap dengan foto, video dan ulasan pengguna), Tripadvisor, Facebook yang juga menandai dan ada review dari lokasi dan termasuk wisata. Mereka mengumpulkan data dan ulasan pengguna dan menceritakan apa adanya ari kesan yang mereka terima saat mengujungi sebuah tempat/place.

Pengembangan Pariwisata 4.0 atau tourism 4.0 adalah sebuah “kewajiban” mau tidak mau bagi pengelola wisata harus tahu hal ini. Pariwisata 4.0 Tidak bisa dihindari. Pengguna yang masuk dalam Generasi (Generasi Y) adalah kelompok manusia yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1997 dan generasi setelahnya (Generasi Z) banyak mencari informasi awal dari dunia maya sebelum datang ke lokasi.

Peran sosial media Instagram (IG) yang banyak digandrungi Generasi Z menjadi pintu masuk hasil Viral ke para generasi ini. Sebagain ada juga yang melihat viralnya dari Facebook atau media pesan seperti WA.

Sementara portal lokal juga banyak berperan untuk pendukung kemudahan transportasi, mencari tempat makan yang nyaman. Orang sudah dengan mudah mencari informasi dari dalam genggaman tangan.
(imam)

Comments closed