Cara Mudah Export Nilai Kuis di Moodle ke Excel. Bagaimana Cara melakukan eksport Nilai Kuis di Moodle ke Excel agar sesuai dengan keunginan? Apa it Moodle, Moodle adalah satau satu jenis LMS (Learning Management System), MOODLE adalah sebuah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy.

Dalam pengertian lain Moodle adalah sebuah platform untuk belajar (learning platform / LMS) yang didesain khusus bagi pendidik (Guru, Dosen, dll), admin dan murid-muridnya. Masing-masing jenis pengguna bisa diatur dengan role.

Moodle ada fitur kuis /latihan soal yang bida kita gunakan untuk evaluasi pembelajaran. Soal kuis bisa dibuat langsung ataupun di import dari format lain. Hasil dari Kuis bisa dilihat langsung ataupun di export ke format lain.

.

Yang dilakukan kali ini adalah melakukan export data nilai-nilai kuis dan digabungkan dengan nidali dari daftar peserta yang sudah dimiliki sebelumnya. Kita hanya menggunakan fungsi VLOOKUP saja untuk memindah data sesuai dengan keinginan sumber datanya (Tabel nama yang akan jadi acuan). Kenapa ini diperlukan, bisa jadi pemindahan copy-paste secara langsung tidak selalu sama (formatnya) jadi tidak bisa lansung di implementasikan.

Jika pemindah data dilakukan secara manual kadang perlu waktu yang cukup lama misalnya untuk melihat data, mengurutkan dan ada kemungkinan terjadi kesalahan (error) saat meyalin data. Langkah umum yang dilalakukan disini adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan Daftar Nama yang akan jadi patokan (biasanya diperoleh dari sistem/ presensi yang sudah ada sebelumnya)
  2. Export data Grades dari Moodle ke Format Excel
  3. Mencari data yang bisa jadi referensi seperti NIM atau nama lengkap
  4. Menggabungan data dan menggunakan Fungsi VLOOKUP di Excel

Berikut ini Videonya, didapatkan dari Studi kasus di web Elearning Mercu Buana Yogyakarta pada mata Kuliah Manajemen Jaringan.

Comments closed