Waralaba (franchising/franchise) adalah berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Menurut Pemerintah waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Waralaba /Franchise adalah konsep pemasaran yang berkembang menjadi konsep bisnis dan strategi perluasan. Mengatasi masalah SDM & Pendanaan serta terpola pada kerjasama sederajat antara franchisor & franchisee. Franchise juga telah memanfaatkan skala ekonomi. (Asosiasi Franchise Indonesia)

Franchise atau waralaba yang awalnya adalah suatu konsep pemasaran berkembang menjadi suatu konsep bisnis yang mempunyai format dan memiliki kriteria-kriteria keunggulan. Franchise merupakan juga suatu strategi perluasan.

Dikutip dari web Asosiasi Franchise Indonesia, Untuk mengetahui suatu usaha itu adalah franchise/bukan, bisa dilihat dari mengajukan 4 hal ini :

  1. Sejak Kapan Usaha ini mulai berdiri & operasi?
  2. Bila usaha ini mulai diwaralabakan, siapa franchisee pertamanya dan bolehkan saya wawancarai?
  3. Apakah keunikan usaha ini dan/atau terdapat di bidang mana?
  4. Adakah suatu prototype (model atau cabang) yang bisa saya lihat dan kunjungi?

Jika dengan 4 pertanyaan ini, pihak pemilik yang ditanyai tidak mau atau tidak bisa menjawab, maka kita sudah tahu bahwa usaha tersebut pasti “bukan Waralaba”. Contoh Waralaba adalah dalam bidang makanan sepertiWaralaba Fried Chicken

Sumber Arikel dan foto : thebluediamondgallery.com & Asosiasi Franchise Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *