Mohammad Husni Mubaraq (2019) dengan Pembimbing: Imam Suharjo S.T,M.Eng judul : Notifikasi Jaringan Pada Router Mikrotik Berbasis Bot Telegram. Skripsi FTI Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Abstrak

Perkembangan internet saat ini dapat dibuktikan dengan adanya milyaran situs internet. Dan sampai saat ini, perkembangan internet tidak luput dari berbagai macam serangan pada jaringan komputer. Sistem yang dapat mendeteksi serangan pada jaringan komputer umumnya hanya bisa mendeteksi berbagai jenis serangan tetapi tidak bisa mengambil tindakan yang lebih lanjut.

Dengan pembuatan pengaturan otomatisasi keamanan hotspot yang bagus pencegahan dalam serangan dapat dilakukan dengan cepat. pembuatan sistem notifikasi bruteforce pada jaringan komputer ini menggunakan bot telegram sebagai pendukung notifikasi dan mengaplikasikan pada hotspot Mikrotik dengan menggunakan beberapa parameter rule firewall, scheduler, dan script.

Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa, sistem mengirim notifikasi ke telegram untuk dapat mengetahui informasi kurang lebih selama 30 detik jika terjadi bruteforce pada hotspot jaringan komputer. Dan Pengiriman notifikasi pada jaringan ini tergantung pada interval scheduler, Dan jika terdapat address pada address list level 3, maka router otomatis reboot.

Kata kunci : bruteforce, hotspot, telegram, firewall.

1 Comment

  1. kereen ini ilmu IT nya, blog ini bermanfaat buat yg ingin belajar belajar ttg IT

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *