Notifikasi Keamanan Layanan Ssh Pada Mikrotik Menggunakan SMS oleh Adrianus Nama Sada (tahun 2019) Pembimbing: Imam Suharjo, S.T., M.Eng Skripsi di FTI Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian dengan malakukan studi literatur yang menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan notifikasi keamanan layanan SHH pada mikrotik menggunakan SMS di jaringan komputer. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan notifikasi keamanan layanan SSH pada mikrotik menggunakan SMS jaringan komputer. Dengan menerapkan sebuah notifikasi pada layanan SHH pada mikrotik berbasis SMS ini memungkinkan agar jika terjadi suatu serangan terhadap sebuah mikrotik maka akan dikirimkan sebuah notifikasi kepada admin berisi informasi device, sehingga dapat mengambil suatu tindakan untuk mengamankanya.

Alat penelitian yang digunakan adalah perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seperangkat komputer dengan piranti pendukung, sedangkan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini seperti microsoft windows 10, short masagge service (SMS), diagram dia, winbox dan bitvice SHH. Pada langkah penelitian, ada beberapa langkah yang digunakan yaitu : analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemantauan jaringan komputer sangat penting dilakukan untuk mempermudah seorang administrator jaringan dalam mengamati dan mengontrol sistem jaringan yang terpasang. Ketika resiko kerusakan dan gangguan jaringan semakin meningkat maka seorang administrator jaringan harus secara terus menerus memantau sistem jaringan. Kata kunci : Notifikasi, SSH, Mikrotik, SMS.

Arsip Digital di : http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/5351/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *