Artikel : Warung Kejujuran Langkah Mudah Mencegah Anti Korupsi (2)

Artikel : Warung Kejujuran Langkah Mudah Mencegah Anti Korupsi (2)

Melanjutkan dari tulisan sebelumnya.

Salah satu cara yang dikembangkan oleh KPK untuk mulai menanamkan generasi antikorupsi adalah melakukan berbagai penyuluhan dan program-program yang memicu masyarakat untuk melakukan tindakan terpuji. Contoh program yang telah dilakukan KPK adalah adanya program “warung kejujuran” dimana semua jajanan atau makanan yang dijual di warung tersebut dibiarkan tanpa dijaga. Artinya bebas dan semua bisa saja mengambil atau memberikan.

Warung dibiarkan saja tanpa ada penjaga atau Asisten yang bekerja memantau setiap saat. Hal ini dimaksudkan agar para pembeli memiliki  perilaku jujur dan terus menerapkannya dalam kehidupan. Sebagaimana kita tahu, perilaku jujur tidak mungkin dapat terwujud apabilia kita tidak membiasakan untuk hidup jujur. Ini yang harapkan, kejujuran.

Program lain yang dilakukan KPK adalah adanya penghargaan terhadap pelajar yang memiliki perilaku terpuji yang dipilih oleh teman-temannya sendiri dan hasilnya dilaporkan kepada orang tuanya masing-masing. Program ini akan melatih para generasi muda untuk terus berperilaku terpuji dalam kehidupannya sehari-hari. Bisa menjadi contoh baik bagi sesama.

Para pemuda dan generasi muda menjadi sasaran utama berbagai program dan penyuluhan KPK ini karena generasi muda ini diharapkan menjadi penerus bangsa yang bebas dari tindakan korupsi.

Ditulis 2018 UMBY oleh : Missy Novia Claudya Sianturi, Yosepan Buyung Sinaga, Ferdinan Odon, Rudyanto Sitorus, Simon Hutabarat dan Publish 2021 , editor Imam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *