Pembukaan PKKMB UMBY: Mahasiswa Baru Siap Memimpin Masa Depan

Pembukaan PKKMB UMBY: Mahasiswa Baru Siap Memimpin Masa Depan

  • Sebanyak 2.000 mahasiswa baru dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah mengikuti acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2023/2024. Acara ini diresmikan oleh Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, dan diselenggarakan di Kampus 1 Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul pada Selasa (5/9/2023).

Dengan tema “Pemberdayaan Diri untuk Memimpin Masa Depan,” kegiatan ini akan berlangsung hingga Jumat (8/9/2023). Acara dimulai dengan pemakaian jas almamater berwarna biru UMBY oleh Rektor, diikuti dengan penjelasan mengenai struktur kampus dan peraturan akademik. Selain itu, para mahasiswa juga mendapatkan informasi terkait bidang keuangan, akademik, teknologi informasi dan komunikasi (ICT), serta bidang kemahasiswaan.

Para mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kuliah umum yang diselenggarakan oleh Akademi Militer (Akmil), yang dibawakan oleh Letkol Chb Wahyu Nurjayadi MSi dengan materi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, dan Pendidikan Karakter.

Selain itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bantul, Arfin Munajah MM, memberikan sosialisasi tentang Bahaya Narkoba & Penyebaran Virus HIV/AIDS di Kabupaten Bantul. Dr. Rahma Widyana MSi Psikolog dari UMBY juga menyampaikan materi tentang Pencegahan Bullying dan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus.

Widarta MM, Kepala Humas UMBY, menjelaskan bahwa melalui kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami peraturan akademik dan kemahasiswaan, termasuk informasi mengenai beasiswa, aturan kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), serta prosedur pembayaran kuliah dan pelaksanaan perkuliahan.

“Pimpinan dan kami berharap dengan pengetahuan ini, para mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah dengan lancar. Semua mahasiswa program S1 bertujuan menyelesaikan studi dalam waktu empat tahun, bahkan 3,5 tahun,” katanya.

Para mahasiswa diharapkan dapat melakukan pemberdayaan diri, menggali potensi diri, dan memiliki kemampuan untuk memimpin masa depan. Mereka juga diharapkan dapat berkontribusi bagi institusi, lingkungan, masyarakat, bangsa, dan negara. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman praktik di dunia kerja sehingga dapat bersaing di era yang kompetitif ketika mereka lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/imammercubuana/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373