Belajar Logika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Belajar Logika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manusia selalu dihadapkan pada berbagai permasalahan. Permasalahan – permasalahan tersebut memerlukan pemecahan yang sesuai dan masuk akal dengan solusi yang terbaik. Pemecahan masalah tersebut didapat dari penggunaan akal manusia untuk berpikir logis. Disinilah peran logika matematika berada. Logika matematika sebagai cabang ilmu gabungan ilmu logika dan ilmu matematika memiliki sejumlah formula permasalahan beserta penyelesainnya.

Logika matematika akan memberikan landasan tentang bagaimana cara mengambil kesimpulan. Hal paling penting dalam mempelajari logika matematika adalah kemampuan dalam mengambil dan menentukan kesimpulan mana yang benar atau salah. Logika matematika dapat menyelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kehidupan manusia, baik masalah pribadi, sosial, bisnia atau yang lain. Berbagai bidang kehidupan menggunakan ilmu logika matematika untuk mengambil dan menentukan kesimpulan dari beberapa permasalahan.

Rumusan Masalah

  1. Apa itu logika matematika diskrit?
  2. Bagaimana pertama kali muncul ilmu logika?
  3. Penerapan ilmu logika pada kehidupan sehari-hari?

Tujuan

  1. Mengetahui asal munculnya cabang ilmu logika
  2. Cara menerapkan logika dalam kehidupan sehari_hari

Manfaat

Menambah pengetahuan pembaca dan penulis

Pembahasan Logika

Logika matematika adalah aturan berpikir atau landasan tentang bagaimana cara kita mengambil kesimpulan. menimbang akal pikiran yang kita gunakan untuk menghasilkan kesimpulan yang bukan hanya didasarkan pada logika alamiah. Logika juga digunakan dalam algoritma dan pemrpgrama dalam sistem komputer, saat kita membuat program di laptop atau komputer kita pelru belajat logika.

Baca Juga : Video Kuliah Matematika Disktrit

Manfaat logika

  1. Membantu Manusia Berpikir Cermat, Objektif : Untuk menemukan suatu kesimpulan. Logika akan mengajarkan pada berpikir secara cermat dan teliti melihat semua detail yang ada dan tidak meninggalkan suatu jejak yang tertinggal, tidak berpihak sehingga apa yang dihasilkan tidak mempengaruhi  penilaian secara pribadi maupun golongan, Berpikir abstrak juga diandalkan untuk menemukan suatu masalah yang terkadang tidak masuk dalam akar pikiran manusia. Mencari suatu kebenaran sangat sulit layaknya mencari jarum dalam tumpukan jerami.
  1. Membantu Agar dapat Berpikir Efisien, Sistematis dan logis. Berpikir secara terstuktur dan sistematis logi akan mewujudkan sesuatu yang efisien dan tidak membuang buang waktu.
  1. Berpikir Secara Teratur dan tertata, Logika itu sulit tapi asik meskipun kita tidak dapat menemukan sebuah kebenaran kita akan terbiasa berperilaku secara teratur dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Implementasi Logika di dalam Kehidupan Masyarakat. Logika sering diartikan sebagai aturan berfikir atau landasan cara kita untuk mengambil keputusan. Logika bukan hanya tentang mencurahkan sebuah pikiran, tetapi logika juga lebih ke berfikir secara rasional, kritis, lurus, tepat, tertib, metodis, dan koheren. Dalam kehidupan sehari-hari, logika mempunyai banyak manfaat, salah satunya yaitu: digunakan dalam membangun usaha dan menemukan segala solusi dalam sebuah permasalahan dengan mempertimbangkan berbagai aspek kepentingan. Bukan hanya itu saja, logika juga sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, karena logika ini sangat berkaitan dengan bagaimana cara kita untuk bernalar di perhitungkan.

Baca Juga : HMPS TI Gelar Workshop Web Development ReactJS

Kesimpulan

Logika merupakan suatu sikap yang dibutuhkan dalam segala tempat dan suasana, karena logika mendidik manusia bersifat objektif, tegas dan berani Logika juga mempelajari hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran antara yang benar dengan yang salah. Mempelajari ilmu logika sangat bermanfaat untuk setiap orang, karena manusia diciptakan oleh Tuhan dengan disertai akal agar mampu berpikir logis dan sesuai dengan fakta yang ada dalam masyarakat. 

Logika pasti dipakai oleh semua orang dalam setiap pemikirannya, karena dengan sebuah logika manusia diarahkan untuk berpikir cerdas, objektif, tajam dan logis. 

Bahan Bacaan

  1. https://www.academia.edu/40703208/LOGIKA_MATEMATIKA_PENERAPAN_DALAM_KEHIDUPAN
  2. https://olimpiadekita.com/manfaat-logika-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Kontrubutor : Abdull Rasyiid Ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/imammercubuana/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373