Sistem-Sistem Informasi yang dikelola Dikti

Sistem-Sistem Informasi yang dikelola Dikti

Berikut ini beberapa sistem Informasi yang dikelola Dikti untuk Perguruan Tinggi. Sistem yang dikelola dikti antara lain :

  1. PDDIKTI
  2. PINDAI Dikti
  3. Simkatmawa
  4. Kampus Merdeka
  5. SIVIL (Sistem Verfikasi Ijazah)
  6. SIGAP
  7. PIN
  8. SILEMKERMA
  9. KIP Kuliah
  10. Sistem lain (dikelola RistekBrin)

PDDIKTI

PDDikti merupakan aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. PDDIKTI melayani seluruh stakeholder perguruan tinggi yang terintegrasi dengan PDDikti sehingga mendapatkan rujukan informasi perguruan tinggi.

Tampilan web PDDIKTI
Tampilan web PDDIKTI

PDDIKTI ini hadir sebagai rujukan informasi Perguruan Tinggi dan memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengakses informasi data seputar Perguruan Tinggi serta civitas akademika dimanapun dan kapanpun. Pastikan Data Mahasiswa dan Dosen terdaftar pada PDDikti. Nama terkait sistem ini sebelumnya : EBSBED, Forlap, PDPT.

Tahun 2002 : Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) layar Biru /DOS. EPSBED dikendalikan oleh bagian Informasi dan Pelaporan (Forlap) dengan nama Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT). Tahun 2014 berubah nama jadi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

  • Pengguna : admin di Perguruan Tinggi
  • Isi data : Data Mahasiswa, Dosen dan Transaksi Perkuliahan
  • Alamat Web : https://pddikti.kemdikbud.go.id/
  • Pengelola : bagian Informasi dan Pelaporan (Forlap) di bawah subbagian Pengolahan Data

Sister Dikti

Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi, SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana SISTER ini adalah program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang biasa kita kenal dengan Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

  • Pengguna Utama : Dosen dan Tendik (dalam proses)
  • Isi Data : SDM Dosen dan kegiatan Tridarma
  • Alamat web : https://sister.kemdikbud.go.id selain itu SISTER juga terpasang di subdomain masing-masing Perguruan tinggi atau LLDIKTI.
  • Pengelola : Dit. Sumberdaya-Ditjen Pendidikan Tinggi

Pindai Dikti

Sistem Informasi Pindai Dikti menyajikan profil dan kinerja perguruan tinggi yang digolongkan dalam 5 kelompok data yaitu data dasar PT, data pengelolaan PT, data mutu PT, data kinerja PT, serta data capaian 8 IKU untuk PTN yang selalu dimutakhirkan. Peluncuran Aplikasi Papan Informasi dan Data Institusi Pendidikan Tinggi (Pindai Dikti), diluncurkan pada 2 Jun 2021. Berikut ini Link Video saat Peluncuran PINDAI DIkti

  • Pengguna : admin Perguruan Tinggi
  • Isi data : dashboard (resume) dari Sistem-sistem dikti yang lain tantang PTN/PTS.
  • Link/Alamat web : https://pindai.kemdikbud.go.id/
  • Pengelola : Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

SIMKATMAWA

Berikut Video sosialisasi Simkatmawa ada beberapa perubahan disini terkait update di MBKM (Merdeka belajar Kampus Merdeka)

Kampus Merdeka

Sistem Informasi Web /Aplikasi web dikti yang digunakan untuk mendukung Kegiatan belajar Kampus Merdeka MBKM (merdeka Belajar Kampus Merdeka). Dalam Sistem ini ada berbagai sub kegiatan antara lain : Kegiatan Kampus Mengajar, Mahasiswa Magang disamping digunakan juga sebagai Dosen Pendamping Mengajar.

SIVIL

Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL. Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI. Pendataan PDDikti secara resmi dilakukan mulai pada tahun 2002/2003, bagi lulusan dibawah tahun tersebut apabila tidak ditemukan di SIVIL silakan hubungi Perguruan Tinggi masing-masing

SIGAP

Sistem Informasi Jaringan Pengelola PDDIKTI

PIN

SILEMKERMA

SILEMKERMA merupakan sistem informasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berfungsi sebagai pusat layanan pengusulan yang berkaitan dengan :

  • Pendirian Perguruan Tinggi Swasta;
  • Perubahan Perguruan Tinggi Swasta
  • Pembukaan Program studi pada Perguruan Tinggi;

Sistem informasi layanan perizinan kelembagaan perguruan tinggi (SILEMKERMA). Silemkerma dikelola oleh direktorat jenderal pendidikan tinggi untuk layanan jenis pendidikan akademik dan direktorat jenderal pendidikan vokasi untuk layanan jenis pendidikan vokasi. Layanan perizinan kelembagaan perguruan tinggi jenis pendidikan akademik meliputi :

  • Pendirian PTS Berbentuk Universitas, Institut, Dan Sekolah Tinggi
  • Perubahan PTS Berbentuk/Menjadi Bentuk Universitas, Institut, Dan Sekolah Tinggi
  • Pembukaan Program Studi Sarjana, Magister, Dan Doktor
  • Pembukaan Program Studi PJJ Dan PSDKU Akademik
  • Pembukaan Program Studi Akademik Melalui Kerja Sama

KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah, KIP Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi. Ayo segera cari kampus idamanmu. KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

  • Pengguna : Calon Mahasiswa penerima KIP
  • Isi data : Data Siswa dan Seleksi
  • Alamat Web : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  • Pengelola : Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

Tanggal penting jadwal pendaftaran dan penutupan Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2021

#KegiatanDibukaDitutup
1Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah08 Februari 202131 Oktober 2021
2SNMPN12 Februari 202118 Maret 2021
3SNMPTN14 Februari 202123 Februari 2021
4UTBK-SBMPTN14 Maret 202131 Maret 2021
5SBMPN09 Mei 202109 Juni 2021
6Seleksi Mandiri PTN07 Juni 202103 Oktober 2021
7Seleksi Mandiri PTS16 Juni 202131 Oktober 2021

Sistem lain yang terkait (RISTEK BRIN)

  • https://simlitabmas.ristekbrin.go.id : Simlitabmas (Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) adalah sebuah sistem informasi berbasis internet yang digunakan untuk melaporkan kegiatan penelitian. Proses muulai dari proses pengusulan penelitian sampai pelaporan dari hasil penelitian yang dilakukan. Melalui sistem ini juga bisa melakukan penambahan review untuk menunjang proses publikasi hasil penelitian yang sudah dituangkan ke dalam karya ilmiah.
  • https://sinta.ristekbrin.go.id : Sinta (Science and Technology Index), memberikan akses ke kutipan dan keahlian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia. Sinta memberikan benchmark dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, hingga menganalisis tren penelitian dan direktori pakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *