Kapan UMBY Kuliah Offline?

Kapan UMBY Kuliah Offline?

Meski Blenden Learning masih berlaku, perguruan tinggi di Jogjakarta siap menyambut seratus persen pembelajaran offline di semester genap berikutnya. Kuliah semester akan dimulai pada bulan September 2022. Meski begitu, blended atau hybrid learning tetap bisa dilakukan jika mahasiswa berhalangan hadir di kampus.

“Kami sangat antusias menyambut perkuliahan tatap muka, saya kira mahasiswa juga antusias karena sudah dua tahun kita mengadakan online dan hybrid,” kata Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Agus Slamet saat ditemui di Acara Syawalan UMBY, Sabtu (7/5/2022).

Kapan UMBY Kuliah Offline?
Kapan UMBY Kuliah Offline?

Kesiapan menyambut kuliah offline ini didasari oleh beberapa faktor. Yakni, saat kasus Covid-19 semakin menurun. Hal ini diikuti dengan pelonggaran peraturan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Meski demikian, protokol kesehatan (prokes) tetap diberlakukan. Khusus untuk pelajar diwajibkan memakai masker dan memenuhi syarat wajib vaksin, minimal dua kali vaksin. “Persiapan kami adalah meningkatkan kualitas SDM dalam menyambut pembelajaran tatap muka, serta melanjutkan kembali program-program yang sebelumnya sempat tertunda,” kata Agus.

Serta kuliah kerja nyata internasional (KKN), penelitian kolaboratif dengan luar negeri dan pengabdian masyarakat. tahun ini akan diadakan di Malaysia dan Filipina. Namun, tahun ini program pertukaran pelajar dengan mahasiswa asing belum terlaksana. “Kami juga siap menyambut mahasiswa baru tahun ini. Mengacu pada tahun sebelumnya, rata-rata jumlah mahasiswa baru sebanyak 2.500 orang,” ujarnya. Menyambut pembelajaran offline dari sisi fasilitas pelayanan, kata Agus, UMBY siap.

Model kuliah hybrid tidak berjalan mulus. Kesulitan terjadi pada materi praktikum yang harus dilakukan secara offline dan harus online. Perkuliahan hybrid yang saat ini diterapkan, trend online porsinya lebih besar. Khusus untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang berada di luar DIY, pada masa pandemi ini mayoritas mereka belajar penuh secara online. “Saat kuliah online, saya mengamati ada kebiasaan buruk pada mahasiswa, seperti belajar sambil tidur, tidak berpakaian rapi dan lain-lain, saya rasa saya harus membiasakan diri beradaptasi dengan hal-hal baru, di kuliah offline nanti,” ujarnya. “Paling tidak Agustus mendatang, mahasiswa yang berada di luar kota atau di pulau harus segera berangkat ke Jogja, mempersiapkan diri untuk mengikuti perkuliahan seperti biasa,”

Via : Radar Jogja11 Mei 2022 10:53

Sebagai informasi tambahan, Jika UMBY saat ini 2022 memiliki 3 kampus yang berbeda Lokasi:

  1. Kampus 1 berada Jl Wates km 10 Sedayu
  2. Kampus 2 timur Jemabatan merah Gejayan
  3. Kampus 3 Ring Road Condong Catur Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Slot Deposit Dana Slot Deposit Dana