Dituntut Pengadilan, Google Menyapu Bersih Data Pengguna, Transformasi Internet Terjadi?

Dituntut Pengadilan, Google Menyapu Bersih Data Pengguna, Transformasi Internet Terjadi?

Google berencana untuk menghapus jutaan data yang telah mereka kumpulkan dari pengguna internet. Langkah penghapusan ini merupakan bagian dari kesepakatan penyelesaian gugatan terhadap Google di pengadilan.

Sebuah kelompok individu telah menggugat Google di pengadilan California dengan tuduhan bahwa perusahaan tersebut secara diam-diam melacak aktivitas internet pengguna yang menganggapnya sebagai sesuatu yang privat.

Jutaan orang telah bergabung sebagai penggugat dalam gugatan class action ini. Pengguna menuduh bahwa cookies, aplikasi, dan fitur analitik Google telah melacak aktivitas mereka bahkan ketika mereka menggunakan mode Incognito di Google Chrome dan browser lainnya, yang seharusnya memberikan keamanan dari pelacakan oleh Google atau pihak lainnya.

Tindakan Google ini, menurut para penggugat, telah memungkinkan perusahaan tersebut mengumpulkan sejumlah besar informasi tanpa pengawasan, termasuk daftar teman, preferensi makanan, hobi, kebiasaan berbelanja, dan riwayat pencarian yang sangat pribadi dan memalukan.

Dalam kesepakatan damai antara Google dan penggugat, Google telah setuju untuk mengungkapkan jenis data yang mereka kumpulkan saat pengguna menggunakan mode privat saat menjelajah internet. Selain itu, Incognito akan diperbarui untuk memblokir cookies dari pihak ketiga.

“Sebagai hasilnya, Google akan mengumpulkan lebih sedikit data dari sesi jelajah yang bersifat privat, dan ini akan mengurangi pendapatan yang dihasilkan dari data,” kata pengacara para penggugat. Isi kesepakatan damai antara Google dan penggugat masih harus disetujui oleh hakim. Menurut pengacara, kesepakatan tersebut bernilai lebih dari US$ 5 miliar.

Dalam kesepakatan ini, Google dibebaskan dari kewajiban membayar denda. Namun, pengguna tetap memiliki hak untuk mengajukan gugatan secara individual untuk mendapatkan kompensasi.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240402085321-37-527351/google-hapus-data-pengguna-internet-berubah-total

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/imammercubuana/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373