Syaiful Huda: Alokasi Dana LPDP Harus Dijelaskan, Fokus pada Isu-isu Pendidikan yang Mendesak

Syaiful Huda: Alokasi Dana LPDP Harus Dijelaskan, Fokus pada Isu-isu Pendidikan yang Mendesak

Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menghentikan alokasi anggaran dana abadi pendidikan sebesar Rp 20 triliun setiap tahun, yang saat ini telah mencapai hampir Rp 140 triliun. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengungkapkan bahwa “suntikan” untuk dana abadi tersebut berasal dari anggaran pendidikan sebanyak 20% dari total anggaran belanja negara dalam APBN.

Muhadjir Effendy menyatakan, “Kita akan mengevaluasi apakah program LPDP ini harus dilanjutkan dengan jumlah dana yang sudah mencapai Rp 140 triliun. Mungkin kita akan menghentikannya untuk sementara waktu.” Ia menambahkan, “Dengan menghentikan alokasi ini, anggaran pendidikan sebesar 20% dapat sepenuhnya digunakan untuk memperbaiki sistem pendidikan, termasuk riset, dan meningkatkan alokasi pengembangan perguruan tinggi.”

Dana yang sebelumnya dialokasikan untuk LPDP akan dialihkan ke pengembangan riset, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Meskipun demikian, penyaluran Beasiswa LPDP tetap akan berlanjut dengan menggunakan dana abadi sebesar Rp 136 triliun. Baca info Pemerintah Pertimbangkan Penghentian Alokasi Dana Abadi Pendidikan: Dampaknya Bagi LPDP dan Isu-isu Pendidikan, Pemerintah Pertimbangkan Penghentian Alokasi Dana Abadi Pendidikan: Dampaknya Bagi LPDP dan Isu-isu Pendidikan.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, memberikan pendapat bahwa dana yang dialihkan dapat digunakan untuk mengatasi isu-isu lain di bidang pendidikan, seperti pengangkatan guru honorer dan peningkatan infrastruktur pendidikan. Meskipun belum ada kepastian mengenai waktu pengalihan dana, Syaiful Huda menekankan perlunya perhitungan yang matang dan transparansi skema beasiswa kepada masyarakat.

Syaiful Huda juga mencatat bahwa LPDP sudah memiliki skema dana riset, seperti Riset Inovatif Produktif atau RISPROS. Ia berpendapat bahwa jika pengalihan dana dilakukan untuk riset, hal itu akan menjadi redundan. Terkait dengan posisi Komisi X tentang penghentian alokasi dana LPDP, Syaiful menekankan perlunya penjelasan lebih lanjut dari pemerintah sebelum menentukan sikap mendukung atau tidak terhadap keputusan tersebut.

Info via : detik.com (20/1/2024)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/imammercubuana/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373